Thursday, July 10, 2008

Perkembangan Stasiun Televisi di Indonesia

Televisi mulai diperkenalkan pada masyarakat umum sejak 1930-an di Amerika Serikat, Inggris, dan Rusia. Di kawasan ASEAN, negara yang paling awal menyelenggarakan siaran televisi adalah Philipina. Penyelenggaraan siaran televisi ini kemudian diikuti oleh negara-negara ASEAN lainnya, seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Di Indonesia, kegiatan penyiaran melalui televisi dimulai pada tahun 1962. Penyelenggaraan siaran televisi tersebut bertepatan dengan diselenggarakannya Asian Games IV yang dilaksanakan di Senayan, Jakarta. Bertepatan dengan itu pula Televisi Republik Indonesia ditetapkan sebagai station call hingga saat ini. Hari pembukaan Asian Games IV ini yang jatuh pada tanggal 14 Agustus kemudian diperingati sebagai hari jadi TVRI.

Penggunaan Satelit Palapa untuk siaran televisi dan telekomunikasi diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 16 Agustus 1976. Oleh karenanya, siaran televisi dapat menjangkau hamper seluruh masyarakat di Indonesia hingga sekarang ini.

Selama kurang lebih 27 tahun, masyarakat Indonesia hanya bisa menonton satu saluran saja yaitu TVRI. Selama itu TVRI menjadi satu-satu nya stasiun televisi yang memegang hak monopoli siaran. Pada tahun 1989, Pemerintah Indonesia mengizinkan RCTI sebagai stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, meski hanya penduduk yang mempunyai Parabola dan Dekoder lah yang dapat menyaksikan RCTI. Kemudian pada tanggal 21 Maret 1992, akhirnya RCTI bisa disaksikan oleh masyarakat umum.

Keberadaan RCTI kemudian disusul oleh munculnya Surya Citra Televisi (SCTV), Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), dan Andalas Televisi (ANteve). Hingga saat ini, terdapat begitu banyak stasiun televisi swasta di Indonesia, baik yang berskala nasional maupun lokal. Ada sebelas stasiun televisi nasional yang ada di Indonesia, yaitu:

1.Cakrawala Andalas Televisi (ANtv)
2.Global TV
3.Indosiar Visual Mandiri (Indosiar)
4.Metro TV
5.Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)
6.Surya Citra Televisi (SCTV)
7.Televisi Pendidikan Indonesia (TPI)
8.Televisi Republik Indonesia (TVRI)
9.Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV)
10.Trans 7
11.tvOne



Selain TV swasta yang berskala nasional, di Indonesia terdapat lebih dari 100 stasiun televisi lokal yang tersebar hampir di seluruh provinsi dan daerah, diantaranya Aceh TV, Deli TV (Sumatera Utara), Sriwijaya TV (Palembang), Jak TV, O Channel, Spacetoon, Elshinta TV (Jakarta), RBTV dan Jogja TV (Yogyakarta), Bali TV (Bali) serta TVKU dan TV Borobudur (Semarang).

Di Indonesia juga terdapat televisi khusus yang berskala nasional, yaitu Televisi Edukasi (TV E), SWARA Channel, dan Qtv Network. Serta televisi berbayar yaitu: Astro Nusantara, B-TV, HomeCable, IM2 PayTV, Indovision, M2V Mobile TV dan Telkomvision.

sumber: diolah dari Wikipedia dan Rahmad Setiadi-Scribd


0 comments:

Blog Archive

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP